Sunday 24 February 2013

10 kegunaan tersembunyi flashdisk

Posted in

 
 

Siapa yang tidak mengenal USB flash disk, perangkat ini kini mudah kita temui dan kita dapatkan. USB flash disk sering kita gunakan untuk memindahkan data penting kita. Namun selain mampu memindahkan atau menyimpan file kita secara mobile, ternyata ada kegunaan lain yang disembunyikan
flash drivei yang sangat berguna. Berikut adalah 10 cara Anda bisa memperoleh  manfaat flashdisk drive USB untuk melakukan hal lain lebih dari sekedar hanya menyimpan dan memindahkan data.
1.      Menjalankan aplikasi portabel. Selain menyimpan data, Anda dapat menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel. Anda dapat mengunjungi alamat ini; PortableApps.com untuk melihat program apa saja yang bisa dijalankan lewat flash disk drive. Anda bahkan bisa menginstal seluruh aplikasi yang mencakup hal-hal seperti pemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari flash disk ini.
2.      Boot sistem operasi. Jika Anda ingin melakukan lebih dari sekedar menjalankan aplikasi Anda sendiri, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk boot sistem operasi sepenuhnya dari USB flash drive Anda. Anda dapat boot baik Windows atau Linux dari USB flash drive. Untuk tujuan ini ada beberapa panduan yang dapat Anda ikuti. Untuk mempelajari cara membuat boot Windows XP dari USB flash drive, lihat artikel Membuat bootable USB flash drive misalnya untuk Windows XP dialamat ini; http://articles.techrepublic.com.com/5100-10878_11-6160062.html.
3.      Menghubungkan ke jaringan nirkabel. Jika Anda memiliki jaringan nirkabel, Anda dapat menggunakan Wireless Network Setup Wizard di Windows XP atau Windows Connect Now (WCN) yang dibuat di dalam Vista untuk menyimpan informasi konfigurasi jaringan nirkabel ke drive USB flash. Anda kemudian dapat menggunakan drive anda dengan cepat dan mudah menghubungkan satu komputer atau perangkat WCN-kompatibel, seperti router atau printer, untuk jaringan nirkabel Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan Wireless Network Setup Wizard, lihat [Help And Support Center], yang dapat diakses dari menu Start Windows XP. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan tentang fitur [Windows Connect Now], silakan buka [Windows Help And Support], yang dapat diakses dari menu Start Windows Vista.
4.      Membuat disk reset password. Sebuah disk reset password yang benar-benar dapat berguna jika Anda lupa password untuk account pengguna Anda pada sistem Windows yang bukan merupakan bagian dari domain. Jika Anda berada dalam situasi itu, Anda dapat menggunakan password reset disk untuk reset password Anda agar dapat kembali ke user account Anda. Untuk rincian tentang cara melakukannya, sudah pernah saya bahas sebelumnya tentang Tips Membuat Password, Disk Reset Password, dan Cara Reset Password Pada Sistem Operasi Windows7.
5.      Meningkatkan Kecepatan boot. Jika Anda menjalankan Windows Vista, Anda dapat menggunakan flash drive USB untuk mempercepat sistem anda dengan teknologi ReadyBoost. ReadyBoost dapat menggunakan ruang penyimpanan pada USB Flash drive sebagai memori cache tambahan untuk membantu cache memori pada hard disk Anda. Dan karena memori flash lebih responsif daripada hard disk, dengan bagian-bagian fisik bergerak, cache memori yang diberikan oleh ReadyBoost secara signifikan dapat meningkatkan respon sistem. Menggunakan ReadyBoost juga sangat mudah. Anda hanya memasukkan USB flash drive ke dalam sistem Vista layar Anda dan ikuti petunjuk untuk mengkonfigurasi yang ada di alamat ini
6.      Mengelola Drive. Jika semua benar-benar ingin Anda lakukan dengan flash drive USB adalah data transportasi, dan Anda menjalankan Windows XP, Anda dapat melakukannya secara lebih efisien dengan Microsoft USB Flash Drive Manager (Gambar C). Setelah Anda menginstal manajer ini, Anda dapat dengan mudah menyalin file ke dan dari drive Anda, cadangan dan memulihkan seluruh flash drive dari dan ke hard disk Anda, mengubah label drive, dan bahkan menciptakan file autorun.inf untuk memulai Drive Manager secara otomatis ketika Anda memasukkan drive. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang dan download USB Flash Drive Manager kunjungi situs ini
7.      Gunakan sebagai pemutar MP3. Apakah Anda suka mendengarkan musik ketika Anda menggunakan komputer di kantor, tapi Anda tidak memiliki MP3 player? Jika demikian, Anda dapat menggunakan USB flash drive sebagai pemutar MP3 bersamaan dengan Windows Media Player dan satu set headphone. Hanya menyalin file MP3 Anda ke flash drive USB, colokkan ke komputer Anda, dan langsung Windows Media Player untuk membuat sebuah daftar lagu-lagu pada drive Anda. Anda dapat menggunakan semua fitur pemutaran Windows Media Player, seperti playlist dan favorit, untuk dengan mudah menyesuaikan pengalaman mendengarkan musik Anda. Dan terbaik dari semua, Anda tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya baterai.
8.      Melindunginya dengan Password. Jika Anda menggunakan USB flash drive untuk menyimpan data sensitif yang Anda inginkan lindungi dari orang lain, Rohos Mini Drive dapat melindungi data tersebut. Alat keamanan ini memungkinkan Anda untuk membuat partisi pada drive rahasia dan kemudian membuatkan password-protect/encrypt partisi tersebut, sehingga melindungi setiap dokumen yang Anda salin ke partisi ini. Anda dapat mendownload dan membaca review dari Rohos Mini Drive di sini; .
9.      Untuk menjalankan situs Web. Jika Anda seorang pengembang Web, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa dengan Server2Go, Anda dapat dengan mudah menjalankan server Web yang mendukung Apache, PHP, MySQL, Perl dan kanan dari USB flash drive. Anda dapat menggunakan out Server2Go kanan kotak tanpa instalasi. Ini berjalan pada semua versi Windows, mendukung browser yang paling umum, dan sepenuhnya gratis. Untuk petunjuk selengkapnya silakan kunjungi alamat ini; http://www.server2go-web.de/
10.  Kunci PC Anda. Apakah Anda pernah melihat film di mana orang di beberapa instansi pemerintahan rahasia hanya menyisipkan dan mengeluarkan kartu untuk log in dan log out dari PC? Jika Anda berpikir bahwa ide itu bagus, Anda butuh program Predator utilitas freeware kecil ini akan memungkinkan Anda untuk mengubah flash drive USB sebagai kunci yang dapat digunakan untuk mengunci dan membuka komputer Anda. Sementara flash drive USB yang terhubung ke komputer Anda, semuanya berjalan seperti biasanya. Setelah Anda mencabut flash drive USB, komputer Anda terkunci dimana keyboard dan mouse tidak aktif dan layar gelap. Untuk membuka komputer Anda, Anda hanya mencolokkan USB flash drive dan komputer akan terbuka dan Anda dapat mulai menggunakannya.
Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di sini.