Saturday 9 February 2013

0

Tips Merawat Notebook-Laptop-Netbook

Posted in


Ketika kita mempunyai sebuah notebook, kita pasti ingin memakai benda tersebut dengan baik. Maka kita harus rawat notebook tersebut supaya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Karena itu lughot mau berbagi cara merawat Notebook-Laptop-Netbook.


1.Pastikan kondisi battery Notebook mempunyai daya yang cukup untuk melakukan booting sampai menjalankan Operating System (OS). Kekurangan daya battery dalam menyebabkan gagal booting dan menyebabkan kerusakan Harddisk permanen. Jadi sebaiknya bila ragu akan daya battery Notebook anda, sebaiknya gunakanlah adaptor Notebook, baru hidupkan Notebook anda.


2.Pastikan stop kontak adaptor terpasang dengan tepat pada sumber listrk sehingga tidak terjadi percikan bunga api yang menyebabkan proses charge menjadi putus nyambung dan umur battery menjadi lebih pendek.


3.Indikator battery menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh para pengguna Notebook. Bila indikator menunjukkan lebih kecil dari 80% maka sebaiknya battery digunakan sampai habis baru di charge, sedangkan bila lebih besar dari 80%, adaptor dapat digunakan bersamaan tanpa takut overcharge.


4.Jangan menggunakan adaptor dengan battery dilepas. Rumor yang selama ini digembar-gemborkan ternyata mempunyai efek samping bila tiba-tiba 'mati lampu' atau pemutusan aliran listrik oleh PLN. Maka efeknya akan berdampak pada Harddisk yang dapat rusak permanen.


5.Bila akan membawa Notebook didalam tas atau case, sebaiknya dalam keadaan hibernate ataupun shutdown. Dikhawatirkan bila dalam keadaan stand-by, Notebook tiba-tiba dapat hidup dan menyebabkan overheat karena berada ditempat yang tertutup.


6.Jangan meletakkan Notebook dengan barang-barang yang lain sehingga menghimpit Notebook tersebut, sehingga ditakutkan LCD dari Notebook tersebut retak/pecah.


7.Screen Protector sangat berperan penting dalam melindungi LCD agar tidak mudah tergores. Keyboard Protector juga berperan dalam melindungi tuts keyboard dari kerusakan. Selain itu Cooling Pad dapat digunakan bila Notebook digunakan dalam jangka waktu yang lama.


8.Jangan meletakkan Handphone dekat dengan Notebook. Radiasi yang dihasilkan Handphone dalam menerima SMS atau panggilan dapat merusak chip yang ada dalam Notebook.


9.Update Antivirus secara berkala agar Notebook terhindar dari spyware, spam, malware dll.


Semoga bermanfaat

Read more: http://lughot.blogspot.com/2010/12/tips-merawat-notebook-laptop-netbook.html#ixzz2K7l1Zvop

0 comments:

terima kasih telah berkomentar